Khamis, 25 April 2013

Lumut hijau di halaman rumah











Pada suatu pagi ketika keluar dari rumah, 
saya terpandang pada lantai tempat letak kereta. 
Kebetulan ruang letak kereta hanya bersimen kasar.
Ruang ini sebahagiannya terdedah kepada panas dan hujan.
 kelihatan tumbuhan lumut tumbuh menghijau, 
kebetulan akhir-akhir ini hujan sentiasa turun, jadi tumbuhan lumut cepat membiak.
Warnanya hijau, keadaannya yang melekat kemas dilantai, menampakkan
seolah-olah lantai simen tersebut seolah-olah macam berkarpet.
Lalu foto dirakam dan terhasillah ilham menulis tentang tumbuhan lumut pula, serta perkongsian ringkas tentang kebesaran Allah yang berkuasa menurunkan hujan dan juga tumbuh-tumbuhan. Begitulah akan semua perihal kehidupan kita ini.
Kesemuanya terdapat tanda2 kebesaranNya apabila  kita renung dan berfikir.
Subhannalh...Alhamdulillah... Allahuakbar


INFO TENTANG TUMBUHAN LUMUT



Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina (dari bahasa Yunani bryum, "lumut").
Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dandaun sejati. 

Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati. Alih-alih akar, organ penyerap haranya adalah rizoid (harafiah: "serupa akar"). 

Daun tumbuhan lumut dapat berfotosintesis. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan pelopor, yang tumbuh di suatu tempat sebelum tumbuhan lain mampu tumbuh. 

Ini terjadi karena tumbuhan lumut berukuran kecil tetapi membentuk koloni yang dapat menjangkau area yang luas.

Manfaat lumut

Lumut sering juga digunakan untuk pertamanan dan rumah kaca. Hal lain yang telah dilakukan dengan lumut ini adalah menggunakannya sebagai bahan obat-obatan. 
Berdasarkan hasil penelitian di Cina, lebih dari 40 jenis lumut telah digunakan oleh masyarakat Cina sebagai bahan obat-obatan terutama untuk mengobati gatal-gatal dan penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri dan jamur (Ding, 1982 dalam Tan 2003).

Demikian, apa yang ada di sekeliling @ persekitaran kita itu adalah terdapat bukti dan juga tanda-tanda tentang kebesaran Allah SWT.

PERKONGSIAN ILMU


KEKUASAAN ALLAH DALAM PENCAMBAHAN


”Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, 
maka mengapa kamu masih berpaling?” (QS. Al An’am : 95) 


"Yang telah menjadikan bagimu bumi sebagai hamparan dan Yang telah menjadikan bagimu di bumi itu jalan-jalan, dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam.” (QS. Thaha : 53)


Wasallam

Tiada ulasan: