Khamis, 20 Oktober 2011

Rumahku Syurgaku....



Salam malam jumaat ...alhamdulillah bertandang lagi malam nana indah ini..
sama2 kita penuhi saat yang bersama keluarga yang dikasihi
juga khususnya buat Allah yang Maha Pengasih lagi maha Penyayang
yang telah menciptakan kita...
sama2 kita beribadah, bermunajat, bertasbih dllnya
agar menjadi suatu amal soleh juga bekalan di akhirat sana..

Rumahku syurgaku

Rumah tangga muslim merupakan elemen sosial yang mesti memenuhi fungsi fisiologis, psikologis, sosiologis dan dakwah bagi seluruh anggota yang bernaung di dalamnya.
Pembentukan rumah tangga muslim menjadi tarbiyah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang baik dan cemerlang.

Salah satu ciri rumah tangga yang kukuh adalah adanya orang tua yang teguh dalam memegang ajaran Islam dan anak-anak yang tumbuh dalam naungan orang tua yang memiliki visi Islam.
Di samping itu peranan keluarga sebagai lingkungan pertama akan mempengaruhi dan membentuk watak serta perilaku seluruh anggota keluarga sehingga dari sana akan lahir manusia yang menampilkan potret keluarganya.

Perjalanan dakwah yang panjang dan penuh rintangan memerlukan para pendukung dakwah yang shalih dan rumah tangga yang kukuh dan menjadi teladan dalam dakwah.
Untuk mewujudkannya di perlukan berbagai upaya agar tetap terbangun wacana dan kesungguhan dalam merealisasikan suasana rumah tangga SAMARADA (Sakinah, Mawaddah, Rahmah dan Dakwah).

b. Landasan

QS At Tahrim: 6

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

QS An Nisa': 34

“Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang shalih ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka……”

QS Ar Ruum: 21

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir”

Al Hadits Riwayat Bukhari

“Setiap kamu adalah pemimpin. Dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya. Seorang suami adalah pemimpin di rumahnya, maka ia akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang istri adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya, dan ia akan ditanya tentang kepemimpinannya………”

Al Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

"Sebaik-baik kamu adalah orang yang paling baik terhadap keluarga….."

c. Tujuan

Terwujudnya suasana ruhiyah ta'abudiyah dan ta'awun tarbawi dalam keluarga agar dapat merealisasikan hak dan kewajiban seluruh anggotanya dalam rangka membangun keluarga sakinah, mawadah, rahmah dan dakwah.

d. Sasaran

1. Terbangunnya suasana keluarga yang sakinah, mawaddah, rahmah dan dakwah

2. Terwujudnya suasana ruhiyah ta'abudiyah dan ta'awun tarbawi yang kondusif dalam keluarga

3. Terbangunnya suasana kebersamaan dan keakraban di dalam keluarga



5 ulasan:

eita berkata...

assalamualaikum.....
salam ziarah....suka dengan entry ni...

atuk berkata...

Assalamualaikum Shami

Selalu berdoa agar keluarga kita terdiri drp keluarga sakinah

Wassalam

shami2 berkata...

Salam ukhwah eita

Terima kasih jemput datang lagi.

Sama2 kita bina keluarga kita dengan adanya sakinah, mawadah, rahmah dan dakwah....insyallah mulakan dengan diri kita dulu.

shami2 berkata...

Salam atuk..

Ya sama2 kita usahakan..dari masa kemasa kesemasa...

azlina 3 berkata...

assalamualaikum...
shami..
trm ksh sudi sggh blog akk..byk info yg bermenafaat utk di kongsikan bersama di n3 kali ini...
tiap kali ke sini keinginan untuk merasa masakan di restoran shami semakin membuak2 terutama kambing panggang...mudah2an suatu hari nanti allah izinkan..

Pak Ngah Hilmi Katering : Lemang dari daun lerek

Salam sejahtera, lemang sangat sinonim dengan Syawal, tahun ini Pak Ngah Hilmi Katering menyajik...